header coretan ibu kiya

Menstimulasi Anak Suka Membaca : Harus Konsisten

2 komentar
Bunda Sayang
Quote Membaca

Rasanya pepatah tersebut tidak berlebihan. Justru menjadi motivasi untuk kita agar bisa menjadi pembaca yang baik, hingga kelak bisa menjadi pemimpin yang baik pula. Pemimpin dalam arti luas.

Fakta menunjukkan bahwa kebiasaan membaca memberikan nilai positif, selama yang dibaca hal-hal positif pula. Sudah menjadi rahasia umum, banyak tokoh sukses dunia memiliki kebiasaan membaca yang baik. Karena sebuah buku gudang ilmu yang mampu memberi pencerahan dan memantik imajinasi serta kreativitas pembacanya.

Terkait harapan besar itulah, kebiasaan membaca perlu dipupuk sedini mungkin. Meski kenyataannya, butuh perjuangan dan konsisten.

Pada hari kedua tantangan kali ini, ibu Kiya memanfaatkan kardus bekas di rumah untuk membuat pohon literasi. Ibu bagian menggambar dan memotong. Sebenarnya Kiya pengen ikutan potong-potong, tetapi karena bahan kardus agak tebal, ia mengalami kesulitan. Kiya bagian mewarnai rumputnya saja.

Bunda Sayang
Membuat Pohon Literasi

Bunda Sayang
Pohon Literasi Ahda's Family

Kegiatan membaca seperti biasa kami lakukan sebelum tidur. Awalnya sudah mempersiapkan tiga buku pilihan. Masih sama seperti kemarin, belum bisa ke lain hati sepertinya. Hahaaa ….

Faktanya, baru baca buku MUTE sebanyak 14 halaman ternyata mata sudah tidak kuat. Dari bacaan kali ini kami belajar tentang nenek moyang Nabi Muhammad saw, yaitu Nabi Ibrahim as dan Nabi Ismail as. Mulai dari kelahiran, perjuangan membangun Ka'bah, menyadarkan kaumnya dari kebodohan. Sebuah kisah yang layak dijadikan sebagai bahan pembelajaran bagi Kiya juga saya.

Bunda Sayang
Buku Muhammad Teladanku Jilid 1

Entah mengapa kondisi badan tidak bersahabat. Akhirnya, kami pun ketiduran. Alhasil, tidak ada kegiatan mendiskusikan, dan menceritakan kembali isi bacaan. 😅

Sementara itu, untuk bacaan ibu juga mengalami penurunan. Jika hari sebelumnya ibu bisa melahap tiga bab dalam buku “Rumah Minim Sampah”, di hari kedua hanya bisa menghabiskan satu bab saja.

Semoga besok lebih baik dari hari ini. 😇

#Day02
#GameLevel5
#Tantangan10Hari
#KuliahBunsayIIP
#ForThingstoChangeIMustChangeFirst
#IbuProfesional

Nining Purwanti
Selamat datang di blog Ibu Kiya. Ibu pembelajar yang suka baca, kulineran, jalan-jalan, dan nonton drama Korea. Selamat menikmati kumpulan coretan ibu Kiya, semoga ada manfaat yang didapat ya. ��

Related Posts

2 komentar

  1. wah.. sama mbak.. saya juga berencana mau mengkhatamkan membaca mute kemarin sudah baca.. namun masih suka lupa isinya... :)
    semangat ya mbak.. eh aku dheng yang harus semangat. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saling menyemangati, Mbak Yunika sayang. 😘💪

      Hapus

Posting Komentar